Pedoman Sederhana TableView untuk pemula banget.

UITableView atau yang kita kenal dengan TableView adalah komponen yang sangat penting untuk sobat pengembang iOS. sedikit banyak pasti kita memerlukan komponen ini untuk membuat list dengan data collection. misalnya untuk menampilkan data Karyawan (biasanya project anak kuliahan kalau bikin model pasti namanya Karyawan) membuat halaman settings. tentu yang saya sebutkan barusan hanyalan contoh kecil penggunaan tableview dimana hakikat asli nya tableview memiliki kegunaan yang lebih dari itu.

Okey fix, kita disini tidak akan membahas membuat TableView secara storyboard karena cukup ribet juga ya nanti saya banyak screenshot tiap nambahin komponen dan males juga drag & drop nya xixi. tapi jika sobat iOS dev masih penasaran bisa check di youtube saya ya, nanti saya buatin secara video tentunya.

Sekarang temen teman bisa buat project dengan nama yang teman sukai tapi saya merekomendasikan untuk membuat project dengan nama simple-table-view daripada teman teman pusing berjam jam hanya untuk memikirkan nama project. Selanjutnya kita pergi ke file ViewController.swift dan buat variable tableView seperti dibawah ini:

private let tableView: UITableView = {let tableView = UITableView()return tableView}()

selanjutnya di function viewDidLoad tambahkan kode berikut:

view.addSubview(tableView)

lalu kita override function viewDidLayoutSubviews dan kita masukan kode untuk mengatur frame tableview, jadinya seperti ini:

override func viewDidLayoutSubviews() {super.viewDidLayoutSubviews()tableView.frame = view.bounds}

Sejauh ini kode yang kita tulis sudah menghasilkan tampilan seperti gambar dibawah:

Karena kita menginginkan TableView yang berisi data (walaupun data dummy ya), kita perlu mengimplementasi datasource dan delegate untuk tableview-nya. ada beberapa cara, yang paling umum adalah mengimplement dalam kelas ViewController atau ada juga yang membuat extension nya. Saya lebih prefer untuk membuat extension-nya karena akan lebih rapi apalagi saat kita banyak mengimplement kelas kelas lain yang dibutuhkan. tambahkan extension berikut di bawah kelas ViewController

setelah ini kita bisa menambahkan kode berikut di function viewDidLoad kita

tableView.dataSource = selftableView.delegate = self

kalau kita jalankan maka hasilnya akan seperti berikut:

Nah sudah banyak juga apa yang kita pelajari, tapi mungkin masih panjang juga perjalanan kita untuk menjadi iOS Developer yang kece. setelah mempelajari ini teman teman bisa juga menambahkan custom cell untuk tableview nya dan bagaimana menggunakan data model untuk masing masing cell nya. selamat explore dan have fun.

berikut sumber kode lengkap untuk project ini:

Swift, Kotlin and Flutter Developer | Tech Geek, Passionate Writer — ihwan.id

Swift, Kotlin and Flutter Developer | Tech Geek, Passionate Writer — ihwan.id